Manfaat dan Bahaya Mengonsumsi Kafein

2019-10-10

Kafein membuat seseorang merasa lebih waspada secara mental. Tetapi itu juga dapat mengganggu Anda atau membuat Anda gugup, terutama jika Anda terlalu sensitif atau terlalu banyak mengonsumsi. Jadi bagaimana kafein secara khusus memengaruhi kesehatan secara keseluruhan?
Studi menunjukkan sejumlah kemungkinan manfaat dan beberapa risiko. Apa saja manfaat-manfaat serta bahaya kafein untuk tubuh?
1. Kafein meningkatkan kinerja fisik
Kafein sudah dikenal tidak hanya meredakan rasa sakit dan kelelahan saat berolahraga, tetapi juga dipercaya dapat membantu otot membakar lemak sebagai sumber energi juga. Dalam sebuah studi kecil Brasil tentang pengendara sepeda daya tahan, kafein memberi keunggulan bagi para atlet. Mereka mampu mengayuh lebih lama dan lebih cepat daripada saat mereka menggunakan plasebo. Terlebih lagi, mereka mendapat manfaat dari peningkatan kafein.
2. Kafein bisa meredakan rasa sakit atau memicunya
Kafein membantu meringankan dan dengan cara menyempitkan pembuluh darah yang membengkak di otak. Itulah sebabnya beberapa resep dan penghilang rasa sakit bebas resep (seperti Excedrin Migraine) menambahkan kafein ke dalam campuran. Studi menunjukkan itu dapat meningkatkan efektivitas obat-obatan ini.
Tetapi, jika Anda terlalu sering menggunakan obat penghilang rasa sakit kafein, Anda bisa mendapatkan sakit kepala karena berhenti minum obat. Tanpa obat-obatan itu, pembuluh darah mengembang lagi, menyebabkan rasa sakit. Jika Anda memiliki kebiasaan mengonsumsi kafein secara teratur, berhenti menggunakan kalkun dingin dapat membuat Anda sakit kepala karena berhenti mengonsumsi kafein.
3. Kafein mampu membantu bayi prematur
Kafein diberikan secara rutin di unit perawatan intensif neonatal untuk membujuk otak dan paru-paru mereka agar tetap bernapas. Studi menunjukkan stimulan alami ini bekerja dengan mengurangi “apnea,” atau berhenti sejenak pada pernapasan bayi prematur, dan mencegah penurunan kadar oksigen darah mereka secara intermiten.

Sumber: doran.id

Ingin info lebih lanjut? Klik disini.