Dark Chocolate Mampu Tingkatkan Performa Bersepeda

2019-10-10

Saat ini, beberapa ilmuwan percaya bahwa bahan utama cokelat dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi pengendara sepeda dan atlet lainnya. Jadi, bisakah Anda meningkatkan performa bersepeda dengan mengunyah cokelat batangan yang lezat?
Pada akhir tahun lalu, sekelompok peneliti dari London’s Kingston University menerbitkan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa makan cokelat hitam memang dapat melakukan hal itu. Mereka meminta beberapa remaja putra yang “cukup terlatih” untuk mengganti satu makanan penutup atau makanan ringan dalam diet reguler mereka dengan 40 gram dark chocolate setiap hari selama dua minggu. Kemudian mereka melakukan tes ramp pada sepeda olahraga, meminta mereka untuk mengayuh pedal dengan intensitas yang meningkat sampai mereka kelelahan.
Penggunaan oksigen lebih efisien
Setelah masa istirahat, subjek uji melakukan perjalanan 20 menit dengan tenaga 80%, diikuti dengan sprint percobaan dua menit. Ketika para ilmuwan membandingkan kinerja pengendara sepeda dengan pengukuran yang diambil di bawah kondisi yang sama sebelum memulai diet dark chocolate, mereka melihat beberapa peningkatan yang signifikan.
Tampaknya tubuh pengendara sepeda menjadi lebih efisien dalam menggunakan oksigen selama berolahraga, memungkinkan mereka untuk meningkatkan tingkat kerja mereka sebesar 21 persen dan untuk menempuh jarak 17 persen lebih jauh selama uji coba dua menit.
Studi ini menyimpulkan bahwa memasukkan dark chocolate ke dalam daftar makan Anda mungkin merupakan cara yang efektif untuk mencapai hasil yang lebih baik selama latihan intensitas sedang yang berlangsung singkat.
Menurut penulis utama Rishikesh Patel, “Kami menemukan bahwa orang dapat berolahraga secara efektif lebih lama setelah makan dark chocolate. Sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya dengan cara ini.”
Fakta-fakta tentang flavanol
Alasan kekuatan meningkatkan kinerja dark chocolate tampaknya karena kekayaannya dalam flavanol, sekelompok bahan kimia yang terjadi secara alami yang terutama terkonsentrasi dalam kakao. Flavanol dikenal untuk meningkatkan ketersediaan hayati suatu zat yang disebut nitric oxide yang pada gilirannya memperlebar pembuluh darah, menurunkan jumlah oksigen yang dibutuhkan oleh otot dan membantu mengatur penyerapan glukosa dan kontraksi otot selama latihan fisik. Tetapi sebelum Anda memesan cokelat batangan dalam jumlah besar, Anda mungkin disarankan untuk sedikit memoderasi harapan Anda.
Selain dark chocolate, makanan kaya flavanol lainnya termasuk teh hitam, kulit apel, bit dan kopi bubuk. Selamat mencoba! 

Sumber: doran.id

Ingin info lebih lanjut? Klik disini.