Makanan Sehat untuk Tingkatkan Kekuatan Otak

2019-10-10

Makanan otak adalah makanan yang bermanfaat bagi otak. Seperti kulit dan perut kita, makanan tertentu berkontribusi untuk memelihara dan merawat area-area tubuh ini. Otak juga membutuhkan makanan tertentu untuk membantu meningkatkan kekuatannya sehingga kita berfungsi dengan baik setiap hari.
1. Alpukat
Alpukat adalah buah yang terdiri dari karbohidrat sehat, lemak, dan vitamin.
Vitamin K: mensintesis protein tertentu yang merupakan prasyarat untuk pembekuan darah.
Folat: salah satu vitamin B yang diperlukan untuk membuat sel darah merah dan putih di sumsum tulang, mengubah karbohidrat menjadi energi, dan menghasilkan DNA.
Vitamin C: antioksidan yang diperlukan untuk memperkuat pertahanan alami tubuh, juga dikenal sebagai sistem kekebalan tubuh.
Potasium: mineral dan elektrolit, yang menghasilkan impuls listrik di seluruh tubuh dan membantu dengan: tekanan darah, kontraksi otot, impuls saraf, pencernaan, dan irama jantung.
Vitamin B5: penting untuk produksi energi dan memecah lemak dan karbohidrat.
Vitamin B6: diperlukan untuk perkembangan otak normal dan untuk menjaga sistem saraf dan kekebalan tubuh tetap sehat.
Vitamin E: melarutkan lemak dan mendukung penglihatan, reproduksi, dan darah, otak, dan kulit yang sehat.
2. Kenari
Kenari memberikan manfaat luar biasa, seperti memiliki antioksidan dua kali lebih banyak daripada almond dan kacang. Kacang kecil ini dikemas dengan DHA (omega), protein dan mineral.
3. Bayam
Sebuah studi yang dilakukan oleh Rush University menunjukkan bahwa orang yang 1-2 porsi sayuran hijau, seperti bayam, selama 5 tahun, memiliki kemampuan kognitif seseorang 11 tahun lebih muda. Bayam mengandung vitamin K, folat, beta karoten (antioksidan), dan lutein (antioksidan).
4. Dark Chocolate
Cokelat memiliki kadar flavanol yang tinggi. Bret S. Stetka, MD, menyatakan hal-hal berikut tentang flavanol. “Senyawa tanaman fenolik yang melimpah ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi dan dianggap bertanggung jawab atas banyak manfaat kesehatan yang berasal dari konsumsi cokelat.”
5. Teh Hijau
Teh hijau dikenal sebagai minuman antioksidan kuat yang membantu meningkatkan fungsi otak, berkontribusi terhadap penurunan lemak, dan mengurangi risiko kanker. Selain itu, sarat dengan L-theanine (asam amino), itu meningkatkan dopamin.
6. Tomat
Tomat dikemas dengan antioksidan; Namun, memiliki manfaat tambahan likopen. Likopen mengatur gen di otak yang memengaruhi peradangan dan berkontribusi pada pertumbuhan otak.
7. Chia
Benih kecil dikemas dengan manfaat sangat besar. Biji chia kaya akan DHA (omega) dan protein lengkap. Ini berarti mereka membawa 9 asam amino esensial yang diperlukan untuk menjaga suasana hati tetap tenang dan otak berfungsi sebaik-baiknya.

Sumber: doran.id

Ingin info lebih lanjut? Klik disini.